Jangan Asal Berwudhu! Ayo Belajar
Dari Teori Ke Aksi
Kajian Dakwah dari: Ustadz Muhammad
Wahyuni Syarkawi
Alumni Darul Musthofa Tarim
Hadramaut
●
Definisi kata wudhu adalah anggota badan yang
dibasuh dengan niat dan cara tertentu
قال النبي وسلم عليه الله صلي :(( من توضأ وأحسن الوضوء خرجت
خطاياه من جسده حتي تخرج من تحت أظفاره )) رواه مسلم
Artinya: Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa
berwudhu dan membaguskan wudhunya (menyempurnakan wudhu dengan memperhatikan
fardhu dan sunah-sunahnya),maka keluarlah dosa-dosa dari jasadnya hingga keluar
dari bawah kuku-kukunya”.(HR Muslim).
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه
عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ:«لَا يَقْبَلُ اللهُ صَلَاةَ أَحَدِكُمْ
إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ
Artinya: Abu Hurairah -raḍiyallāhu 'anhu- meriwayatkan dari Nabi صلى الله عليه وسلم
bahwa beliau bersabda,"Allah tidak akan menerima salat salah seorang kalian
jika berhadas hingga ia berwudu."
●
Rukun Wudhu
o
Niat
Niat diucapkan dalam
hati ketika pertama kali air menyentuh muka, bukan ketika sedang menampung air
di tangan. Adapun untuk pengucapan niat dari mulut adalah bentuk dari sunah.
o
Membasuh Muka
Batas-batas membasuh
muka adalah dari awal tumbuh rambut sampai bawah dagu dan tepi telinga. Artinya
adalah daerah muka diantara batas-batas tersebut harus dibasuh semuanya.
o
Membasuh tangan sampai siku
Wajib untuk membasuh
tangan sampai siku (siku juga dibasuh) dan Sunah untuk membasuh tangan sampai
melebihi siku.
ما من أمتي من أحد إلا
وأنا أعرفه يوم القيامة قالوا: وكيف تعرفهم يا رسول الله في كثرة الخلائق، قال:
أرأيت لو دخلت صبرة فيها خيل دهم بهم وفيها فرس أغر محجل أما كنت تعرفه فيها؟ قال:
بلى، قال: «فإن أمتي يومئذ غر من السجود محجلون من الوضو
Artinya: "Tidak ada seorang pun dari umatku,
kecuali aku mengenalnya nanti pada hari Kiamat". Para sahabat bertanya,
"Bagaimana engkau mengenal mereka wahai Rasulullah, mereka berada di
antara banyak makhluk?" Beliau menjawab, "Bagaimana pendapatmu jika
engkau masuk dalam shirath" di dalamnya terdapat kumpulan kuda berwarna
hitam, dan dalam kumpulan itu terdapat seekor kuda yang memiliki ghurrah (wama putih cerah di dahinya)
dan muhajjal (berkaki putih),
bukankah kamu dapat mengenalinya?" Sahabat itu menjawab, "Ya".
Lalu beliau bersabda, "Sungguh, umatku pada hari itu mempunyai wajah yang
putih karena sujud, serta anggota wudhu yang putih karena wudhu'" (HR
Ahmad).
o
Menyapu sebagian kepala
Diperbolehkan menyapu
sebagian kepala dari arah mana saja, selama masih berada di batas kepala.
Sunnah untuk menyapu semua bagian kepala.
o
Membasuh kaki sampai mata kaki
Wajib membasuh sampai
mata kaki dan disunahkan untuk melebihi mata kaki.
o
Tertib
Artinya harus berurutan
sesuai dengan aturan.
●
Waktu untuk berwudhu
Ketika memerlukan
perbuatan yang memerlukan wudhu. Contohnya shalat & baca Al-Quran
●
Sunah Wudhu
o
Membaca bismillah.
o
Memakai siwak.
o
Membasuh telapak tangan sebelum wudhu.
o
Kumur-kumur & Istinsyaq (memasukkan air ke
hidung).
Ada 3 cara untuk
melakukan ini:
- Kumur-kumur 3x dan
Istinsyaq 3x (6x ambil air).
- Kumur-kumur dan Istinyaq
3x (3x ambil air).
- Kumur-kumur dan Istinyaq
3x (1x ambil air).
o
Menyapu seluruh kepala.
o
Membasuh telinga 15x. 3x saat membasuh muka, 3x
saat menyapu kepala, 3x menggunakan jari telunjuk, 3x menggunakan jari
kelingking, dan 3x menggunakan telapak tangan.
o
Membasuh semua anggota wudhu 3x setelah sempurna
basuhan wajibnya.
o
Mendahulukan anggota badan yang kanan.
o
Bersambung: sebelum kering air dari basuhan
anggota tubuh pertama, sudah membasuh anggota tubuh kedua.
o
Berdoa setelah wudhu.
●
Hal-hal yang membatalkan wudhu
o
Keluar sesuatu dari dua jalan/lubang (qubul
dan/atau dubur), selain air mani. Akan tetapi, keluar air mani harus mandi
wajib.
o
Hilang akal
Hilang akal dapat
diartikan banyak hal, contohnya adalah tidur, mabuk, dan pingsan. Akan tetapi,
ketika tidur dengan keadaan duduk dan tidak berubah posisi duduknya, tidak
membatalkan wudhu.
o
Bersentuhan kulit antara laki-laki dan perempuan
yang bukan mahram dan sama-sama sudah memiliki hasrat/ketertarikan kepada lawan
jenis walaupun belum baligh.
- Bukan mahram dapat
diartikan orang-orang yang boleh dinikahi
- Ada beberapa anggota tubuh, ketika bersentuhan dengan yang bukan mahram, tidak membatalkan wudhu. Anggota tubuh tersebut adalah rambut, gigi, dan kuku.
![]() |
Mahram Akhwat (Perempuan). Ketuk untuk Memperbesar |
![]() |
Mahram Ikhwan (Laki-Laki). Ketuk untuk Memperbesar |
o
Menyentuh qubul atau dubur menggunakan telapak
tangan atau bagian dalam dari jemari tangan, baik menyentuh qubul atau dubur
diri sendiri ataupun orang lain.
●
Tambahan
o
Ketika kita melaksanakan wudhu dengan
sunah-sunahnya, wudhunya sah menurut empat mazhab yang berbeda.
o Ketika kita dalam keadaan wudhu dan memegang hewan yang kita tidak tau pada hewan tersebut ada najisnya atau tidak, wudhu kita tidak batal.
![]() |
Kajian Dasar Islam KSI Asy-Syifa FKIK ULM | Sabtu, 31 Agustus 2024, Masjid Al-Baythar Kampus ULM Banjarbaru |
![]() |
Kajian Dasar Islam KSI Asy-Syifa FKIK ULM | Sabtu, 31 Agustus 2024, Masjid Al-Baythar Kampus ULM Banjarbaru |
![]() |
Kajian Dasar Islam KSI Asy-Syifa FKIK ULM | Kamis, 12 September 2024, Musholla An Nafi’, Kampus FKIK ULM Banjarmasin |
![]() |
Kajian Dasar Islam KSI Asy-Syifa FKIK ULM | Kamis, 12 September 2024, Musholla An Nafi’, Kampus FKIK ULM Banjarmasin |
0 comments:
Posting Komentar